Rabu, 27 Oktober 2010


Ilmu-ilmu sosial bidang akademik beasiswa yang mengeksplorasi aspek masyarakat manusia . "ilmu Sosial" umumnya digunakan sebagai payung istilah untuk merujuk kepada pluralitas di luar bidang ilmu alam. Ini termasuk: antropologi , arkeologi , ekonomi , geografi , sejarah , hukum , linguistik , ilmu politik , studi internasional , komunikasi , dan, dalam beberapa konteks, [2] [3] psikologi . Subyek seperti hubungan internasional dan kerja sosial prihatin terutama dengan aplikasi dan bukan merupakan ilmu-ilmu sosial per se.
Istilah ini dapat digunakan, namun, dalam konteks khusus mengacu pada ilmu pengetahuan asli masyarakat didirikan pada abad ke-19 sosiologi . Émile Durkheim , Karl Marx dan Max Weber biasanya disebut sebagai arsitek utama dari ilmu sosial modern dengan definisi ini. [ 4] positivis ilmuwan sosial menggunakan metode yang menyerupai orang-orang dari ilmu alam sebagai alat untuk masyarakat memahami, dan sebagainya mendefinisikan sains dalam ketat yang pengertian modern . Interpretivist ilmuwan sosial, sebaliknya, dapat menggunakan kritik sosial atau interpretasi simbolis daripada membangun difalsifikasi teori empiris, dan dengan demikian memperlakukan ilmu yang lebih luas pengertian klasik  Dalam modern peneliti akademis sering eklektik , menggunakan beberapa metodologi (misalnya, dengan menggabungkan kuantitatif dan kualitatif teknik). Istilah " penelitian sosial "juga meraih gelar otonomi sebagai praktisi dari berbagai disiplin ilmu saham di tujuan dan metode.
Sejarah
. Para sejarah ilmu sosial dimulai di akar filsafat kuno. Dalam sejarah Kuno , tidak ada perbedaan antara matematika dan studi sejarah, puisi atau politik. kontribusi yang signifikan untuk ilmu-ilmu sosial dilakukan oleh para ilmuwan Muslim dalam peradaban Islam selama Abad Pertengahan . Ini kesatuan ilmu pengetahuan sebagai tetap deskriptif dan penalaran deduktif dari aksioma menciptakan sebuah kerangka kerja ilmiah.
The Abad Pencerahan melihat sebuah revolusi dalam filsafat alam , mengubah kerangka dasar oleh individu mengerti apa yang "ilmiah". Di beberapa tempat, kecenderungan mempercepat studi matematika dianggap realitas independen dari pengamat dan bekerja dengan aturan sendiri. ilmu Sosial keluarlah dari filsafat moral dari waktu dan dipengaruhi oleh Umur Revolusi , seperti revolusi industri dan revolusi Perancis . Para ilmu-ilmu sosial dikembangkan dari ilmu-ilmu ( eksperimental dan diterapkan ), atau pengetahuan sistematis -dasar atau praktik preskriptif, yang berkaitan dengan perbaikan sosial dari sebuah kelompok entitas berinteraksi .
Pada awal dari ilmu-ilmu sosial di abad ke-18 tersebut tercermin dalam berbagai grand ensiklopedia dari Diderot , dengan artikel dari Rousseau dan perintis lainnya. Pertumbuhan ilmu-ilmu sosial juga tercermin dalam ensiklopedi khusus lainnya. Periode modern melihat "ilmu sosial" pertama kali digunakan sebagai bidang konseptual yang berbeda ilmu Sosial dipengaruhi oleh positivisme , berfokus pada pengetahuan yang didasarkan pada akal pengalaman positif aktual dan menghindari yang negatif; metafisik spekulasi dihindari. Auguste Comte menggunakan "istilah" ilmu sosial untuk menggambarkan lapangan, diambil dari ide-ide Charles Fourier , juga disebut sebagai bidang sosial. fisika Comte [1] [8]
Setelah periode ini, ada lima jalan pembangunan yang muncul tercantum dalam Ilmu Sosial, dipengaruhi oleh Comte atau bidang lainnya. Salah satu rute yang diambil adalah meningkatnya jumlah penelitian sosial . Besar survei statistik telah dilaksanakan di berbagai bagian Amerika Serikat dan Eropa. Rute lain dilakukan diprakarsai oleh Émile Durkheim , belajar "fakta sosial", dan Vilfredo Pareto , membuka ide-ide dan teori metatheoretical individu. Sepertiga berarti berkembang, yang timbul dari dikotomi ini metodologis, di mana fenomena sosial diidentifikasi dengan dan dipahami; ini diperjuangkan oleh tokoh-tokoh seperti Max Weber .. Rute keempat diambil, yang berbasis di ekonomi, dikembangkan dan furthered pengetahuan ekonomi sebagai ilmu keras . Jalur terakhir adalah hubungan pengetahuan dan nilai-nilai sosial , sedangkan Anti positivisme dan verstehen sosiologi Max Weber tegas menuntut pada perbedaan ini.. Pada rute ini, teori (deskripsi) dan resep yang non-overlapping diskusi formal subjek.
Setelah penggunaan teori klasik sejak akhir revolusi ilmiah, berbagai bidang studi matematika diganti untuk studi eksperimental dan persamaan memeriksa untuk membangun struktur teoritis. Perkembangan subbidang ilmu sosial menjadi sangat kuantitatif dalam metodologi. Sebaliknya, dan lintas-disiplin sifat interdisipliner penyelidikan ilmiah ke perilaku manusia dan faktor-faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhi itu membuat banyak ilmu-ilmu alam tertarik pada beberapa aspek metodologi ilmu sosial. Contoh batas kabur termasuk disiplin muncul seperti penelitian sosial dari obat-obatan , sosiobiologi , neuropsikologi , bioeconomics dan sejarah dan sosiologi ilmu pengetahuan . Semakin, penelitian kuantitatif dan metode kualitatif sedang diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya. Pada paruh pertama abad ke-20, statistik menjadi disiplin yang berdiri bebas matematika diterapkan. Statistical methods were used confidently. Metode statistik digunakan penuh percaya diri.
Dalam periode kontemporer, Karl Popper dan Talcott Parsons mempengaruhi kelanjutan dari ilmu-ilmu sosial Para peneliti terus mencari konsensus terpadu pada apa metodologi yang mungkin memiliki kekuatan dan perbaikan untuk menghubungkan "diusulkan grand" teori dengan berbagai midrange teori yang, dengan cukup sukses, terus memberikan kerangka dapat digunakan untuk besar, pertumbuhan bank data; untuk lebih lanjut, lihat pertepatan . Saat ini meskipun, berbagai alam kemajuan ilmu sosial dalam berbagai cara, meningkatkan pengetahuan masyarakat secara keseluruhan. Ilmu-ilmu sosial akan untuk masa mendatang akan terdiri dari zona yang berbeda dalam penelitian, dan kadang-kadang berbeda dalam pendekatan terhadap, lapangan.. Istilah "sosial" ilmu dapat merujuk baik pada ilmu tertentu masyarakat yang didirikan oleh pemikir seperti Comte, Durkheim, Marx, dan Weber, atau lebih umum untuk semua disiplin ilmu di luar ilmu mulia dan seni . Pada akhir abad 19, ilmu-ilmu sosial akademis yang meliputi lima bidang: yurisprudensi dan perubahan hukum , pendidikan , kesehatan , ekonomi dan perdagangan , dan seni

Metodologi dan teori

Asal dari survei dapat ditelusuri kembali setidaknya awal sebagai Kitab Domesday di 1086, sementara beberapa ulama menentukan asal demografi untuk 1663 dengan penerbitan John Graunt 's Alam dan Politik Pengamatan pada Bills Kematian. Penelitian Sosial mulai paling sengaja, namun, dengan positivis filsafat ilmu pada abad ke-19.
Dalam penggunaan kontemporer, "penelitian sosial" adalah istilah yang relatif otonom, meliputi pekerjaan praktisi dari berbagai disiplin ilmu yang berbagi tujuan dan metode ilmuwan sosial menggunakan berbagai metode untuk menganalisis luas luas fenomena sosial; dari sensus data survei berasal dari jutaan individu, ke-kedalaman analisis di agen sosial 'pengalaman tunggal seorang; dari pemantauan apa yang terjadi di jalan-jalan kontemporer , untuk penyelidikan dokumen sejarah kuno. Metode awalnya berakar dalam sosiologi klasik dan matematika statistik telah membentuk dasar untuk penelitian dalam disiplin lain, seperti ilmu politik , studi media , dan riset pasar .
metode penelitian sosial dapat dibagi menjadi dua sekolah luas:
  •  desain kuantitatif pendekatan fenomena sosial melalui bukti dihitung, dan sering bergantung pada analisis statistik banyak kasus (atau di perawatan sengaja dirancang dalam sebuah percobaan) untuk membuat klaim umum yang handal dan valid.
  • desain kualitatif menekankan pemahaman tentang fenomena sosial melalui observasi langsung, komunikasi dengan peserta, atau analisis teks, dan mungkin stres dan subjektif akurasi kontekstual lebih umum
ilmuwan sosial umumnya akan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif sebagai Questionnaires, field-based data collection, archival database information and laboratory-based data collections are some of the measurement techniques used. Kuesioner,bagian dari desain multi-strategi. Ilmu sosial dibedakan dari ilmu alam apabila konsep-konsep abstrak atau teoritis bisa diterapkan (mis. " kelas sosial ") selalu harus dibangun secara abstrak. berbasis lapangan pengumpulan data, informasi database arsip dan koleksi data laboratorium berbasis beberapa teknik pengukuran yang digunakan. Perlu dicatat pentingnya pengukuran dan analisa, fokus pada sulit untuk mencapai) tujuan (tujuan penelitian atau pengujian hipotesis statistik Sebuah model matematika menggunakan matematika bahasa untuk menggambarkan suatu sistem . Proses pengembangan model matematika yang disebut 'model matematika' (juga pemodelan). Eykhoff (1974) mendefinisikan model matematika sebagai 'representasi dari aspek-aspek esensial yang ada sistem (atau sistem yang akan dibangun) yang menyajikan pengetahuan tentang sistem yang dapat digunakan dalam bentuk '. Matematika model dapat mengambil banyak bentuk, termasuk namun tidak terbatas pada sistem dinamis , model statistik , persamaan diferensial , atau model teori permainan .
Ini dan lainnya jenis model dapat tumpang tindih, dengan model tertentu yang melibatkan berbagai struktur abstrak. The system is a set of interacting or interdependent entities , Ini sistem adalah seperangkat berinteraksi atau saling bergantung entitas , nyata atau abstrak, membentuk suatu keseluruhan yang terintegrasi. Konsep keseluruhan yang terintegrasi juga dapat dinyatakan dalam hal sistem mewujudkan seperangkat hubungan yang dibedakan dari hubungan diatur ke elemen lainnya, dan dari hubungan antara elemen dari set tersebut dan elemen-elemen bukan bagian dari rezim relasional . sistem kedinamikan dimodelkan sebagai matematika formalisasi telah menetapkan "aturan" yang menggambarkan waktu ketergantungan titik posisi dalam perusahaan ruang ambien . Perubahan kecil di negara bagian sistem sesuai dengan perubahan kecil dalam angka. Aturan evolusi dari sistem dinamis adalah sebuah aturan baku yang menjelaskan apa masa depan negara mengikuti dari kondisi saat ini. Peraturan ini deterministik : untuk suatu interval waktu hanya satu negara masa depan berikut dari kondisi saat ini.
 Artikel utama: Teori Sosial
Saham ini penulis perspektif teori sosial yang mencakup berbagai jenis sebagai berikut:

  • teori kritis adalah pengujian dan kritik dari masyarakat dan budaya, menggambar dari pengetahuan di seluruh disiplin ilmu sosial dan humaniora
  • materialisme dialektik adalah filsafat Karl Marx, yang dirumuskan dengan mengambil dialektika Hegel dan bergabung ke Materialisme dari Feuerbach.
  • Teori feminis merupakan perpanjangan dari feminisme ke, atau wacana filosofis teoritis, bertujuan untuk memahami sifat ketidaksetaraan gender.
  • swap Re ilmu sosial merupakan suatu pendekatan untuk mempelajari sosial - termasuk politik dan ekonomi - fenomena berdasarkan interpretasi kontemporer dari konsep phronesis Yunani klasik, berbagai diterjemahkan sebagai pertimbangan praktis, akal sehat, atau kehati-hatian.
  • teori-teori Marxis , seperti teori revolusioner dan teori kelas , meliputi pekerjaan dalam filsafat yang sangat dipengaruhi oleh pendekatan's materialis Karl Marx untuk teori atau yang ditulis oleh Marxis.
  • Teori post-kolonial adalah reaksi terhadap warisan budaya kolonialisme.
  • postmodernisme mengacu pada titik tolak untuk karya sastra, drama, arsitektur, bioskop, dan desain, serta dalam pemasaran dan bisnis dan dalam interpretasi sejarah, budaya hukum dan agama di akhir abad 20.
  • teori pilihan rasional adalah suatu kerangka kerja untuk memahami dan sering formal pemodelan dan ekonomi perilaku sosial.
  • konstruksionisme sosial adalah pengetahuan yang mempertimbangkan bagaimana fenomena sosial yang berkembang dalam konteks sosial.
  • strukturalisme adalah suatu pendekatan terhadap ilmu-ilmu manusia yang mencoba untuk menganalisa suatu bidang tertentu (misalnya, mitologi) sebagai sistem kompleks bagian yang saling berhubungan.
  • fungsionalisme struktural adalah sebuah paradigma sosiologis yang membahas apa fungsi sosial berbagai elemen sistem sosial melakukan sehubungan dengan seluruh sistem.
. Pinggiran lainnya ilmuwan sosial mempelajari di alam alternatif penelitian Saham ini penulis perspektif teori sosial yang mencakup berbagai jenis sebagai berikut:

 Pendidikan dan derajat

Sebagian besar universitas menawarkan gelar dalam bidang ilmu sosial. [38] The Bachelor of Social Science adalah gelar ditargetkan pada ilmu-ilmu sosial pada khususnya Hal ini sering lebih fleksibel dan mendalam daripada derajat lain yang mencakup mata pelajaran ilmu sosial.
Di Amerika Serikat, sebuah universitas dapat menawarkan seorang mahasiswa yang mempelajari bidang ilmu sosial suatu Bachelor of Arts derajat, terutama jika bidang ini dalam salah satu tradisional seni liberal seperti sejarah, atau BSc: gelar Sarjana Ilmu seperti diberikan oleh London School of Economics, sebagai ilmu sosial merupakan salah satu dari dua cabang utama ilmu (yang lainnya adalah ilmu alam ). Selain itu, beberapa lembaga memiliki derajat untuk suatu ilmu sosial tertentu, seperti Sarjana Ekonomi derajat, meskipun derajat khusus tersebut relatif jarang terjadi di Amerika Serikat.

Lihat pula

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Social_sciences