Minggu, 12 Desember 2010

FACEBOOK

Anda pasti sudah sama-sama tahu apa itu Facebook bukan? Ya, Facebook adalah situs jejaring sosial (Social Network) yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Facebook juga merupaka situs jejaring sosial terbesar pada saat ini. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Facebook. Enjoy!

Sejarah Facebook

Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).

Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.

Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”

Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
 
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.

Dia juga memberikan fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.

Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.

Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.

Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.

Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.

Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai.

Fungsi Facebook

Di tahun 2010 ini, situs yang paling sering dibuka ketika orang sedang menggunakan internet adalah www.facebook.com. Lima puluh persen lebih orang Indonesia telah menggunakan facebook, atau paling tidak memiliki account facebook. Tapi setelah sekian banyak yang menggunakan facebook, apakah anda tahu apa kegunaan facebook? Fungsi dan kegunaan facebookyang paling mendasar adalah untuk mencari dan menjalin pertemanan antara pengguna dunia maya, tetapi seiring berjalannya waktu, facebook bisa di gunakan untuk apa saja seperti contohnya :

  1. Menyambung tali silaturahmi dengan teman dan kerabat anda yang sudah lama tidak berjumpa dengan anda.
  2. Facebook bisa digunakan sebagai alat pencari teman sebanyak-banyaknya tanpa mengenal batasan jarak, ruang, dan waktu.
  3. Facebook juga bisa digunakan untuk ajang bisnis online. Dewasa ini facebook sudah sering digunakan sebagai pengganti website atau forum jual-beli. Menurut saya, facebook memang lebih mudah untuk melakukan kegiatan bisnis dan perdagangan ketimbang website atau forum jual-beli. Mengapa demikian? Karena jika anda menjual barang lewat facebook, caranya sangat sederhana. Anda tinggal menaruh foto barang yang anda akan jual di facebook, lalu anda tag foto tersebut kepada teman-teman anda.
  4. Digunakan untuk chat (mengobrol) dengan teman anda.
  5. Tidak jarang facebook digunakan untuk bermain game dan mengisi waktu luang. Meskipun game facebook tidak seperti game yang sesungguhnya, tetapi game facebook tidak kalah seru dengan game yang sesungguhnya.
  6. Anda juga bisa berekspresi melewati facebook dengan cara memasang foto anda di profil facebook anda, dan menulis status anda sendiri tanpa ada ketentuan-ketentuan yang berlaku.
  7. Akhir-akhir ini saya juga pernah melihat bahwa account facebook sudah bisa digunakan untuk log-in ke situs-situs lain seperti www.scribd.com.
  8.  Tidak menutup kemungkinan bahwa dengan facebook anda dapat menemukan jodoh anda yang selama ini anda cari-cari.

Fitur-fitur Facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang paling fenomenal saat ini. Onno W. Purbo, dalam harian Kompas, 8 Februari 2010, di halaman 6 menjelaskan popularitas Facebook di Indonesia sebagai berikut.

Hampir semua provider dan operator telekomunikasi mengakui bahwa 40 – 60 persen trafik internet didominasi oleh Facebook. Data Checkfacebook.com menunjukkan, Indonesia peringkat ke-7 di dunia dengan 12 juta pengguna. Bahkan, Indonesia merupakan negara yang paling banyak menambah pengguna Facebook di dunia dengan lebih dari 700.000 pengguna per minggu! Hal ini dikonfirmasi Alexa (www.alexa.com) yang memeringkat Facebook sebagai situs nomor satu di Indonesia.

Dulu saya memiliki akun di www.friendster.com, tetapi setelah Facebook keluar, saya lambat laun berpindah ke www.facebook.com. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa saya berpindah dari Friendster ke Facebook? Jawabannya sederhana, karena Facebook memiliki fitur-fitur yang lebih menarik daripada Friendster. Fitur-fitur tersebut adalah :

1.       Game. Saya adalah tipe orang yang memiliki banyak waktu senggang dan tidak terlalu sibuk. Facebook mengeluarkan fitur yang bagi saya sangat menarik, yaitu game. Social Network mana yang menawarkan fitur game sebelum www.facebook.com?
2.       Status update. Fitur ini menarik bagi saya, karena melalui fitur ini kita bisa mengekspresikan diri kita melalui kata-kata. Tidak hanya berekspresi, kita juga dapat memberikan informasi tentang segala hal ke siapapun.
3.       News feed. Tidak hanya TV atau radio yang bisa memberikan kita berita, Facebook juga bisa. Tetapi news yang terdapat di Facebook bukanlah news yang ‘sesungguhnya’. News di facebook berisi tentang posting-posting terbaru dari teman-teman anda.
4.       Wall. Wall adalah fitur Facebook yang berfungsi sebagai tempat kita untuk menaruh atau mengepost segala sesuatu.
5.       Events. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan daftar event-event yang sedang terjadi serta event-event yang sudah direncanakan. Seperti contohnya Birthday Event. Kita bisa mengetahui siapa saja yang sedang ulang tahun pada hari ini dan siapa saja yang akan berulang tahun pada esok hari.
6.       Messages. Pasti kita sudah sama-sama tahu apa fungsi fitur ini. Fitur ini digunakan untuk mengirim pesan secara pribadi kepada teman kita. Pesan yang kita kirim kepada teman kita tersebut tidak dapat dilihat dari akun Facebook orang lain.
7.       ‘Like’. Fitur ‘Like’ adalah sebuah fitur yang dipergunakan untuk memberikan apresiasi kepada post atau status orang lain. Seperti contoh, jika kita’Like’ status teman kita, berarti kita setuju atau menyukai status teman kita tersebut.
8.       Neat Design. Design Facebook tergolong simpel dan rapih. Tidak seperti pengguna Friendster, pengguna Facebook tidak diberikan wewenang yang berlebihan untuk mengganti background profil, model tulisan, dan border. Memberikan wewenang untuk mengubah hal-hal diatas memang tidak salah, tetapi jika berlebihan maka profil kita akan sulit dilihat dan dibaca.
9.       Privacy Control. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur konten-konten apa saja yang dapat ditampilkan ke orang lain dan konten-konten apa saja yang dapat orang lain tampilkan ke kita.
10.   Ajax Technology. Ajax Technology adalah sebuah fitur yang bisa meng-update atau me-refresh halaman tersebut secara otomatis tanpa harus menekan tombol F5 (refresh) pada web browser kita.
11.   Facebook Connect. Ini adalah fitur terbaru dari facebook. Fitur ini digunakan jika anda memasang widget facebook connect di blog anda, lalu pengunjung blog anda juga memiliki account Facebook. Mereka dapat bergabung menjadi “fans” dan terdaftar di blog anda tanpa harus sign up dan mengisi profile lagi, cukup mengimpor data mereka dari Facebook.
12.   Facebook Share Bookmarklet. Fitur atau tools ini memungkinkan anda berbagi halaman web yang menarik kepada teman-teman di friendlist anda. Konsepnya mirip seperti social bookmarking. Halaman tersebut di share sebagai posted item dan muncul di News Feed anda, dan dapat dilihat oleh teman teman anda di facebook.

Itu adalah fitur-fitur yang penah saya pergunakan selama saya memakai Facebook. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lain, namun saya belum pernah memakainya atau mungkin saya belum pernah mendengarnya.

Keunggulan Facebook

Facebook merupakan situs jejaring sosial (Social Networking) yang sudah sangat banyak dan sering dipergunakan. Kita pasti sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar kata ‘Facebook’. Facebook memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan situs-situs jejaring sosial lainnya. Kelebihan Facebook antara lain :

1.       Memiliki tampilan yang sederhana, simpel, dan mudah dilihat serta dibaca.
2.       Memiliki menu yang cukup lengkap dan mudah dimengerti oleh orang yang sekalipun belum pernah menggunakan Facebook.
3.       Fitur-fiturnya sangat banyak dan memiliki kegunaan yang tidak sia-sia.
4.       Saat kita login Facebook, kita dapat mengetahui teman-teman kita yang sedang online.
5.       Facebook juga bisa digunakan untuk chatting. Situs jejaring sosial yang pertama kali menawarkan fitur chatting adalah Facebook.
6.       Dengan memiliki akun Facebook, kita bisa mendaftar untuk menjadi anggota di website lain.
7.       Pada tahun 2010, Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia.
8.       Akun anda akan aman karena adanya fitur Privacy Control. Anda bisa mengatur konten-konten pribadi anda disini.
9.       Situs Facebook tidak seper situs-situs jejaring sosial lainnya, yang menampilkan iklan internet atau advertisement secara berlebihan. Anda pasti akan merasa lebih nyaman ketika melihat profil anda di Facebook.
10.   Facebook juga memiliki fitur untuk mengubah bahasa (translate) yang lebih lengkap daripada situs-situs jejaring sosial lainnya. Hampir semua bahasa di seluruh dunia bisa anda pergunakan di Facebook.

Menurut saya, hal-hal diatas membuat situs Facebook lebih diminati serta lebih unggul dari situs-situs jejaring sosial lainnya. Tapi seiring perkembangan zaman, mungkin nanti akan ada yang lebih baik dari situs www.facebook.com. Karena perkembangan informasi dan teknologi tidak akan pernah berhenti.


Kelemahan Facebook

Semua hal pasti memiliki kekurangan, tidak peduli sesempurna apa hal tersebut. Karena sesuatu yang bisa dibilang sempurna hanyalahn Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal ini, semua situs jejaring sosial pasti memiliki kekurangan.
Meskipun Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling favorit dan paling besar saat ini, Facebook masih memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan seperti :

1.       Tampilan Facebook yang rapih, simpel, dan background serta tulisan yang monotone tersebut membuat banyak pengguna Facebook merasa bosan.
2.       Proses signup Facebook yang cukup rumit menyebabkan para user baru (newbie) merasa kebingungan. Step-step pembuatan akun Facebook terlalu rumit dan bertele-tele.
3.       Terlalu banyaknya fitur yang membuat para pengguna baru (newbie) bingung untuk mengetahui kegunaan dari fitur-fitur tersebut.
4.       Chat di Facebook tidak jarang menyebabkan kecepatan internet kita menjadi terbagi dan chat di Facebook juga bisa memperlambat kerja komputer kita.
5.       Banyaknya invite aplikasi yang ditujukan kepada kita.
6.       Tidak sedikit applikasi di Facebook merupakan pishing dan terkadang applikasi tersebut tidak bisa dipakai dan hanya berupa aplikasi tipuan.
7.       Karena adanya Ajax Technology, Facebook sering kali hang. Terkadang jika kita ingin melihat halaman di Facebook, kita tetap harus me-refresh atau me-reload halaman secara manual.
8.       Kebanyakan aplikasi game di Facebook sudah memakai Adobe Flashplayer, yang dimana Adobe Flashplayer ini menyebabkan kita kesal menunggu karena reload halaman sangat lama.

Itu yang menurut saya menjadi kekurangan situs jejaring sosial Facebook dibanding dengan situs jejaring sosial lainnya.

Tips-tips Menggunakan Facebook

Bagi anda pengguna situs jejaring sosial hasil kreasi Mark Zuckerberg. Setelah sekian lama membangun komunitas pertemanan sendiri dan berkutat dengannya apa yang anda rasakan? Apa ada yang merasa terlalu banyak informasi yang masuk pada Facebook anda, dan anda kesulitan untuk memilah-milah informasi mana yang penting dan mana yang tidak, karena terlalu banyak dan seringnya update informasi yang masuk?

Seiring bertambahnya teman dalam daftar akun dan aktifitas yang anda lakukan di sana, masalah seperti di atas sangat mungkin terjadi. Jika tidak segera diatasi hal tersebut dapat mengurangi kenikmatan anda dalam menggunakanFacebook. Dan bagi beberapa orang dapat pula mengganggu aktivitas keseharian atau menyita banyak waktu dan perhatiannya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi mari kita melihat beberapa tips untuk mengembalikan fungsi utama Facebook seperti dulu saat anda pertama kali menggunakannya, yaitu sebagai sarana menjalin pertemanan yang efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat Facebook anda terasa nyaman dan terasa seperti Facebook standar yang pernah anda gunakan pada pertama kalinya :


1.        Menyembunyikan Update Aplikasi

Jika Adi adalah sebuah warna, maka warnanya adalah biru. Jika Ana bereinkarnasi, maka dia akan menjadi seekor kucing. Nenek moyang Budi adalah dinosaurus. Pasti anda pernah menemukan quiz kecil-kecilan seperti di atas yang hasilnya akan tampil di setiap akun teman yang ada. Quiz seperti ini sebenarnya sangat menyenangkan, tapi tidak untuk sebagian orang, apalagi kalau ukuran kotaknya yang besar, disertai gambar, dan terlalu sering muncul di dalam daftar update.

Jika merasa terganggu dengan quiz dan aplikasi Facebook lainnya anda dapat dengan mudah menyembunyikannya dari halaman depan Facebook. Caranya arahkan cursor ke kotak update dari aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian klik link Hide yang muncul di pojok kanan atasnya, lalu pilih yang kedua, yaitu Hide …(nama aplikasi).

Atau misalkan teman anda itu sangat rajin mencoba-coba beragam aplikasi Facebook, anda juga bisa memilih pilihan pertama di mana semua aktivitas teman Anda tidak akan muncul sebagai update, tapi tanpa perlu memutuskan hubungan pertemanan. Untuk memunculkan kembali update aplikasi atau aktivitas teman anda, klik Edit Options yang terletak di bagian paling bawah halaman utama.

2.       Menghentikan Aplikasi Yang Tidak Diinginkan Untuk Mengirimkan Pesan ke Anda

Notifikasi yang anda terima dapat mencapai jumlah yang sangat banyak jika tidak dibuka-buka dalam waktu beberapa hari saja. Jika anda menambahkan banyak aplikasi, akan ada puluhan notifikasi yang masuk tiap harinya. Solusi untuk masalah ini sederhana saja, blokade aplikasi yang tidak anda inginkan supaya tidak ada notifikasi yang masuk. Untuk melakukannya buka kotak notifikasi yang ada di pojok kanan bawah, setelah muncul pop-up, klik See All.

Setelah berganti halaman notifikasi, di sebelah kanan ada kotak kecil yang berisi pengaturan notifikasi yang muncul. Hilangkan tanda centang untuk menghilangkan update status/ notifikasi dari aplikasi yang tidak anda inginkan. Sekarang anda pasti akan merasa lega dan tidak pusing lagi.

3.       Memberikan Update Informasi Pada Teman Tertentu Saja

Jangan menambah teman secara sembarangan jika anda tidak ingin kebanjiran banyak update. Alasannya karena semakin banyak teman maka jumlah update informasi dari mereka yang akan anda terima akan semakin banyak, dan anda harus semakin berhati-hati atau selektif untuk berbagi infromasi atau foto melalui Facebook jika tidak ingin menemui masalah privasi. Walaupun teman anda banyak, tapi belum tentu anda mempercayai atau merasa nyaman untuk berbagi cerita/ aktivitas kehidupan anda dengan mereka.

Sebagai alternatif jika anda tetap ingin memiliki daftar teman sebanyak-banyaknya di Facebook tapi tetap terkendali, caranya dengan mengelompokkan teman ke dalam daftar tertentu. Tujuannya agar anda bisa dengan mudah mengelola dan menentukan suatu informasi yang ingin dibagi pada kelompok tertentu dari teman anda. Misalkan ada teman-teman yang anda kelompokkan tersendiri karena tidak terlalu kenal atau dekat, sehingga informasi yang dibagi untuk mereka bisa anda batasi dengan mudah.

Membuat daftar kelompok teman bisa melalui Friends > All Friends laluCreate New List, atau saat anda sedang mengirim ajakan pertemanan atau menerima teman baru melalui Add to list …. Lalu untuk mengatur informasi apa saja yang anda perlihatkan kepada salah satu teman atau daftar kelompok teman tertentu melalui Settings > Privacy Settings > Profile.

4.       Tidak Ada Lagi Permintaan Pertemanan Dari Orang yang Tidak Anda Kenal

Berapapun banyak teman yang anda miliki di Facebook, tetap saja ada orang lain yang tidak anda kenal ingin terdaftar sebagai teman nda. Untuk menghentikan ajakan pertemanan seperti ini berarti anda harus menyembunyikan kemunculan akun anda dari daftar hasil pencarian.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan mengakses Settings > Privacy Options. Setelah berada pada halaman tersebut, klik Search dan pilih Only Friends di bagianSearch Visibility. Sekarang akun nda tidak akan pernah ditemukan oleh orang lain melalui mesin cari milik Facebook.

5.       Mencoba Beralih ke Facebook Lite

Fitur baru yang baru diluncurkan pada tanggal 12 Agustus ini merupakan versi ringan atau sederhana dari Facebook. Jika dilihat fitur ini tidak beda jauh dengan layanan micro-blogging Twitter dan memang dibuat untuk dapat berkompetisi dengan Twitter. Karena Facebook Lite didesain sesimpel mungkin jadi anda tidak akan lagi diganggu dengan update informasi tidak berguna dari aplikasi atau quiz tanpa perlu melakukan banyak pembatasan pengaturan seperti di atas.

Sumber :
http://id.shvoong.com/humanities/history/1946922-sejarah-facebook/
http://www.facebook.com/note.php?note_id=152531867252
http://taufikakbar86.blogspot.com/2008/12/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-dan.html

Tempat berkumpul

Agora (bahasa Yunani: ἈγοράAgorá) adalah tempat untuk pertemuan terbuka di negara-kota di Yunani Kuno. Pada sejarah Yunani awal, (900–700 SM), orang merdeka dan pemilik tanah yang berstatus sebagai warga negara berkumpul di Agora untuk bermusyawarah dengan raja atau dewan. Di kemudian hari, Agora juga berfungsi sebagai pasar tempat para pedagang menempatkan barang dagangannya di antara pilar-pilar Agora. Dari fungsi ganda ini, muncullah dua kata dalam bahasa Yunani: αγοράζω, agorázō, "aku berbelanja", dan αγορεύω, agoreýō, "aku berbicara di depan umum". Istilah agorafobia digunakan untuk menunjukkan rasa takut terhadap tempat umum.
Forum Romawi merupakan bentuk pertemuan bangsa Romawi yang mengikuti Agora dan kadang-kadang disebut untuk menunjukkan Agora. seiring berkembangnya zaman tempat orang berkumpul berubah menjadi plaza.awalnya dimulai pada tahun 1977 di Crest Bloomsbury, London, meluncurkan dengan nama Discotek 77. Pada tahun 1982, sementara masih di Crest Bloomsbury, ini dinamai BADEM Light & Sound Tampilkan untuk cermin nama asosiasi perdagangan bibit yang telah ditetapkan untuk sektor ini - Asosiasi Produsen Inggris Discotheque Peralatan.Dalam tanggapan atas keragaman tumbuh itu basis keanggotaan, BADEM kemudian berganti nama menjadi Lighting Profesional dan Sound Association (PLASA) dan dengan demikian pada tahun 1984, menunjukkan juga menjadi Cahaya PLASA dan Suara Show.Pada tahun 1985, ia pindah ke Novotel di Hammersmith sebelum tiga tahun kemudian pindah ke Olympia 2, di mana ia tinggal hingga 1992 sebelum pindah ke Mahkamah Earls lebih besar 2.Hal itu membuat bergerak dari Earls Court 2 untuk Earls Court 1 pada tahun 1996 dan pada tahun 2007 membuka pintu kembali ke Earls Court 2 dan - untuk pertama kalinya dalam sejarah acara - diduduki kedua ruang.Untuk sebagian besar sejarahnya, menunjukkan telah dijalankan oleh perusahaan peristiwa eksternal, namun pada tahun 2007, PLASA mengambil manajemen acara di-rumah dan meluncurkan Acara PLASA. nah.. kenapa sekarang berubah fungsinya plaza jadi mall ya??mari kita tengong dulu pengertian mall. mall adalah Sebuah pusat perbelanjaan, pusat perbelanjaan atau daerah perbelanjaan adalah satu atau lebih bangunan membentuk kompleks toko mewakili merchandiser, dengan interkoneksi jalan setapak yang memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah berjalan kaki dari unit ke unit, bersama dengan area parkir - versi, indoor modern dari pasar tradisional .Modern mal strip "mobil-ramah" dikembangkan dari tahun 1920, dan pusat perbelanjaan berkorespondensi dengan munculnya hidup di pinggiran kota di banyak bagian Dunia Barat, terutama Amerika Serikat, setelah Perang Dunia II. Dari awal, desain cenderung menghadap ke dalam, dengan mal berikut teori-teori tentang bagaimana pelanggan terbaik bisa tertarik dalam lingkungan yang terkendali. Serupa, konsep mal yang memiliki satu atau lebih "jangkar" atau "besar kotak" toko dirintis awal, dengan toko-toko individu atau jaringan toko skala kecil dimaksudkan untuk manfaat dari pembeli tertarik dengan toko-toko besar.